widgeo.net

Jumat, 01 November 2013

PROPOSAL KULIT JERUK UNTUK SELAI YANG BERMANFAAT DAN EKONOMIS

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SELONG
JL. IMAM BONJOL 03 SELONG, LOMBOK TIMUR 83612. TELP (0376) 2150






KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan judul “Proposal Kulit Jeruk Untuk Selai yang Bermanfaat dan Ekonomis”.
Terwujudnya proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah membimbing kami. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada :
1.      Yth. Bapak Nurhayadi selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah banyak membimbing dan memberikan ilmu pengetahuan  kepada kami
2.      Yth. Ibu Diah Cahya Ningsih selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan materi tambahan dan membimbing kami sewaktu proses pembuatan proposal ini
3.      Seluruh siswa-siswi kelas XI IPA 3 yang telah memberikan dukungan kepada kami sehingga kami bersemangat dalam proses pembuatan proposal ini

Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT sebagai amal ibadah, Amin.

Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan demi perbaikan-perbaikan ke depan.




Selong, 30 Oktober 2013



Tim Penulis


ABSTRAK


Limbah kulit jeruk biasanya dibuang dengan sia-sia karena banyak orang yang tidak mengetahui manfaat daripada kulit jeruk. Padahal kulit jeruk masih ada manfaatnya bagi kita. Apabila dapat diolah dengan baik dan benar, maka kita dapat membuat selai dari bahan kulit jeruk.
Selai kulit jeruk ini lebih ekonomis dan sehat, karena dibuat dari bahan kulit jeruk yang sering kita buang dan juga dibuat secara alami, yaitu tanpa mencampurkan pengawet atau bahan kimia yang lama-kelamaan akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh kedalam campuran selai kulit jeruk.
Dengan membuat kulit jeruk menjadi selai, kita mendapatkan pengetahuan tentang cara agar lebih dapat memanfaatkan sumber daya alam yang belum dimnfaatkan dengan sebaik mungkin,  dan juga dapat sedikit membantu perekonomian masyarakat yang kemungkin ingin membuat selai kulit jeruk kemudian menjajakannya kepasaran.


PENDAHULUAN

Jeruk adalah salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh di Indonesia. Menjelang musim jeruk, banyak kita jumpai para pedagang yang menjual jeruk dipinggir jalan atau ditempat-tempat umum lainnya dengan harga terjangkau. Dan juga tidak sedikit orang yang berminat untuk membelinya. Namun kebanyakan orang sering kali membuang kulit dari jeruk yang mereka makan tidak pada tempatnya. Hal ini kerap kali merenggut keindahan dan keasrian tempat-tempat umum yang seharusnya kebersihannya tetap kita jaga. Selain isi jeruk yang sering kita konsumsi, ternyata kulit jeruk juga dapat kita olah sebagai bahan pangan.
Kulit jeruk sebenarnya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh maupun bagi perekonomian masyarakat. Tetapi kita belum memanfaatkan dan mengolah secara maksimal manfaat tersebut karena sebagian besar dari kita tidak mengetahui manfaat dan kegunaan kulit jeruk yang sering kita buang dengan percuma.  
Padahal jika kita dapat mengkreasikan kulit jeruk dengan baik dan benar, maka akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh maupun sebagai peluang untuk berwirausaha.
          Contohnya saja, dengan mengolah kulit jeruk menjadi selai ekonomis yang lezat dan bervitamin. Rasanya pun tidak kalah seperti selai-selai yang beredar luas dipasaran. Selain itu, dengan membuat selai sendiri akan lebih sehat karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin saja dicampurkan dengan selai-selai yang beredar luas dipasaran. Cara membuatnya pun sederhana dan mudah, sama seperti selai-selai lainnya. Maka dari itu melalui proposal ini kami mengajak kesediaan kita semua untuk memanfaatkan kulit jeruk yang dibuang dengan percuma ini sebagai alternatif lain untuk membuat selai yang bermanfaat dan ekonomis.


1.        Bagian buah jeruk apa saja yang dijadikan untuk membuat selai?
2.        Bagaimana proses pengolahannya?
3.        Bagaimana pendapat orang mengenai selai dari kulit jeruk?
4.        Apakah selai dari kulit jeruk dapat bertahan lama?
5.        Apa manfaat menggunakan kulit jeruk sebagai selai?
1.        Mengetahui bagian dari jeruk yang dapat dijadikan selai
2.        Mengetahui proses pengolahan selai kulit jeruk
3.        Mengetahui pendapat orang mengenai selai dari kulit jeruk
4.        Untuk mengetahui apakah selai dari kulit jeruk dapat bertahan lama
5.        Mengetahui manfaat menggunakan kulit jeruk sebagai selai
1.        Sebagai sarana untuk menambah wawasan tentang kegunaan kulit jeruk
2.        Untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat kulit jeruk
3.        Untuk menambah nilai guna kulit jeruk
  

BAB II

KAJIAN PUSTAKA
Jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari sukuRutaceae (suku jeruk-jerukan) berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung pada semua anggotanya.
Jeruk berasal wilayah Asia bagian Selatan dan Tenggara terutama India Timur Laut dan Myanmar Utara, kemudian disebarkan dengan bantuan para penjelajah (Tim Mekarsari, 2010:01).
Dilapisan luar jeruk terdapat kulit jeruk yang didalamnya berisi isi, dan didalam isi terdapat lebih dari satu biji jeruk yang berukuran seperti kacang-kacangan. Saat masih muda kulit jeruk berwarna hijau,  isinya tidak terlalu kuning dan rasanya masam, sedangkan jika sudah matang, kulitnya berwarna kuning cerah atau kuning kehijau-hijauan dan rasanya manis. Tetapi tidak semua jeruk saat sudah matang berwarna hijau, ada juga jeruk yang sudah matang tetapi kulit jeruknya berwarna hijau, karena jeruk memiliki banyak jenis.
Pohon jeruk tidak terlalu tinggi dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat. Ini memudahkan para pembudidaya jeruk mudah memetik langsung tanpa perlu memanjat.
Jeruk memiliki wangi khas yang berasal dari daun dan kulit jeruk karena mempunyai kelenjar minyak yang mengandung suatu senyawa bernama citral yang menghasilkan aroma khas jeruk (Tim Mekarsari, 2010:02). Sehingga jeruk disukai oleh masyarakat banyak.

Selai adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari buah-buahan yang sudah dihaluskan, kemudian ditambahkan gula hingga dimasak sampai menjadi kental.
Jumlah penambahan gula yang tepat pada pembuatan selai tergantung pada banyak faktor, antara lain tingkat keasaman buah yang digunakan, kandungan gula dalam buah, dan tingkat kematangan buah yang digunakan (Fachruddin 1998:14).
Selai tidak hanya dimakan saja, tetapi biasanya dipakai sebagai tambahan pemanis beberapa makanan, salah satunya roti. Aroma dan rasa yang dihasilkan selai terdapat pada bahan-bahan yang digunakan dan juga cara memasak yang benar, yaitu tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat.
Selai dapat dibuat dari berbagai macam buah yang dapat dipilih sesuai dengan ketersediaan yang ada di lingkungan sekitar atau berdasarkan rasa buah yang disukai (Fachruddin,1998:13). Buah-buahan yang biasanya digunakan adalah buah-buahan yang setengah matang dengan rasa sedikit masam agar rasa buahnya lebih terasa.
Selai dapat bertahan lama karena dalam proses pembuatannya melalui proses pendidihan yang membuat sari buah benar-benar meresap masuk kedalam tekstur yang padat, sehingga rasa yang terdapat dalam buah sangat melekat didalam selai.


BAB III

METODOLOGI PENELITIAN
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen merupakan suatu tindakan melakukan pengamatan terhadap suatu objek yang dengan menunjukkan pengaruhnya terhadap sekitarnya.
Arikunto (2006) mendefinisikan:
Eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu.

Tabel 3.2.1.
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Tempat
1
Minggu, 22 September 2013
Mengamati keadaan tempat umum yang menjual jeruk
Taman Selong
2
Selasa, 24 September 2013
Percobaan membuat selai kulit jeruk
Rumah salah satu anggota kelompok
3
Rabu, 25 September 2013
Memberikan orang lain untuk mencicipi selai kulit jeruk
Halaman depan rumah salah satu anggota kelompok
4
Sabtu, 28 September 2013 – Rabu, 30 Oktober 2013
Menyusun proposal penelitian
Sekolah dan rumah salah satu anggota kelompok
         
Tabel 3.2.2.
No
Susunan Proposal
Hari/Tanggal
1
Pengajuan Tema
Sabtu, 21 September 2013
2
Halaman Judul
Kamis, 24 Oktober 2013
3
Kata Pengantar
Kamis, 24 Oktober 2013
4
Abstrak
Senin, 21 Oktober 2013 – Selasa, 22 Oktober 2013
5
Daftar Isi
Senin, 28 Oktober 2013
6
BAB I
Sabtu, 28 September 2013 – Jum’at, 4 Oktober 2013
7
BAB II
Senin, 7 Oktober 2013 – Sabtu, 12 Oktober 2013
8
BAB III
Senin, 14 Oktober 2013 – Minggu, 20  Oktober 2013
9
Daftar Pustaka
Jum’at, 25 Oktober 2013 – Sabtu, 26 Oktober 2013
10
Lampiran
Minggu, 27 Oktober 2013– Selasa, 29 Oktober 2013

1.    Alat
a)        Pisau
b)        Wajan
c)        Blender
d)       Pengaduk
e)        Kompor
f)         Piring
g)        Gelas ukur
2.    Bahan
a)        5 buah jeruk
b)        Air
c)        2 batang kayu manis
d)       Gula putih
1.        Siapkan 5 buah buah jeruk. Kemudian kupas dan ambil kulitnya
2.        Setelah selesai, cuci bersih kulit jeruk
3.        Kemudian blender kulit jeruk yang sudah dicuci bersama dengan air 200 ml
4.        Sementara menunggu halus, panaskan wajan menggunakan kompor dengan api sedang
5.        Setelah kulit jeruk halus, didihkan 8 menit menggunakan wajan yang sudah dipanaskan tadi, terus aduk agar tidak menggumpal
6.        Kemudian masukkan ¼ kg gula, dan aduk bersama dengan kulit jeruk halus yang sudah dididihkan tadi
7.        Masukkan 2 batang kayu manis, tunggu hingga berubah warna menjadi kecoklatan, serta kental dan lengket. Matikan kompor, diamkan selama ±10 menit
8.        Tahap terakhir, letakkan selai di piring
       Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, kami melakukan metode observasi dan mencari beberapa sumber untuk mengetahui kegunaan kulit jeruk. Kami juga mencari kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam kulit jeruk agar jika dibuat selai kegunaannya bukan hanya untuk mengenyangkan perut saja, tetapi agar ada manfaat yang kita dapatkan dalam mengkonsumsi selai dari kulit jeruk.

       Penelitian tentang membuat kulit jeruk menjadi selai menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manfaat dan nilai guna selai kulit jeruk yang lebih ekonomis dengan selai-selai lainnya yang sering dijual dipasaran.

  

DAFTAR PUSTAKA


Tim Mekarsari. 2010. Ensiklopedia Buah Jeruk. Jakarta: Grasindo.
Fachruddin, Lisdiana. 1998. Membuat Aneka Selai. Yogyakarta: Kanisius
  








Nama saya Laili Nur Pratiwi, lahir di Selong pada tanggal 4 November 1997. Saya tinggal dengan keluarga saya di Jalan Prof. M. Yamin, Selong, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Saya adalah anak kelima dari lima bersaudara dari Bapak Mustakim dan Ibu Sunarti. Bapak saya bekerja sebagai guru di SDN 1 Montong Tangi, sedangkan ibu saya bekerja sebagai ibu rumah tangga.
Pendidikan yang saya tempuh antara lain, pada tahun 2003 saya masuk sekolah dasar yakni SDN 04 Selong (Sekarang SDN 03 Selong). Kemudian setelah tamat saya melanjutkan ke sekolah menengah pertama pada pertengahan tahun 2009, yaitu di SMPN 1 Selong sampai tahun 2012. Dan sekarang saya masih duduk dibangku sekolah menengah atas yaitu di SMAN 1 Selong, saya masih kelas sebelas tepatnya kelas XI IPA 3.
Nama kelas kami adalah HAMSTER atau singkatan dari “Home of Active Management of Science Three”. Motto hidup yang saya pegang adalah “Hidup itu pilihan, antara memilih untuk menyerah dan menjadi pecundang atau memilih untuk berusaha dan menjadi orang sukses”, artinya hidup itu tidak ditentukan oleh takdir semata, tetapi kita harus mengubahnya dan berusaha untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan.

0 komentar: